MENUJU LAYANAN HAK TANGGUNGAN ELEKTRONIK KANTOR PERTANAHAN KOTA AMBON TAHUN 2020

Untuk menyambut tahun digital sesuai target Kementerian ATR/BPN di tahun 2020 dengan berlakunya Pelayanan Hak Tanggungan Elektronik (HT-el), maka usaha untuk mempersiapkan segalah sesuatu berkaitan dengan layanan Elektronik dimaksud  dengan cara berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait yakni PPAT dan pihak Perbankan lingkup Kota Ambon hal ini dipandang perlu oleh Kantor Pertanahan Kota Ambon, mengingat Kantor Pertanahan Kota Ambon berada pada Ibu Kota Provinsi Maluku. Oleh karena itu Kepala Kantor Pertanahan Kota Ambon Bapak Adolf Aponno, A.Ptnh., S.H telah melakukan rapat bersama dengan PPAT lingkup kerja Kota Ambon tanggal 19 Desember 2019 didampingi Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantah Kota Ambon dan Kepala Subseksi Pemeliharaan Data Hak Tanah dan Pembinaan PPAT, dan hari ini Senin tanggal  23 Desember 2019 melakukan rapat bersama pihak Perbankan (BRI, Bank Mandiri, BNI dan BTN) diruang kerjanya.

Sebagai Mitra Kerja Kantor Pertanahan Kota Ambon, rapat bersama ini mempunyai tujuan agar ditahun 2020 Pelayanan HT-el dapat dijalankan, untuk menyamakan  persepsi  dalam pelayanan pertanahan yang baik kepada masyarakat sangat penting untuk dilakukan guna mewujudkan Kantor Pertanahan Kota Ambon yang kini lebih baik” tutur Adolf Aponno.

Diketahui bahwa sudah 42 Kantor Pertanahan di Indonesia telah menjalankan HT-el oleh sebab itu dalam melakukan persiapan pelayanan HT-el di tahun 2020 Adolf Aponno mengajak  PPAT dan Perbankan lingkup Kota Ambon agar bersama pihaknya melakukan studi banding bersama Kantor Pertanahan, PPAT serta Perbankan pada Kantor Pertanahan yang telah mejalankan HT-el.

Diakhir pertemuan Adolf Aponno mengajak untuk terus memantau dan mengikuti e-LEARNING Mitra Kerja pada wibsite Kementerian ATR/BPN dan bagi yang belum mendaftar akunnya pada aplikasi Mitra untuk segera dilakukan pendaftaran. Agar dapat diverifikasi dan divalidasi oleh Kantor Pertanahan Kota Ambon.