PENGAMBILAN SUMPAH PANITIA AJUDIKASI DAN SATGAS PTSL KANTAH KOTA AMBON TAHUN 2020

Dengan melihat Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Tanah Sistematis (PTSL) lengkap yang mana sebelum dilaksakan PTSL diwajibkan untuk Panitia Ajudikasi maupun para Satgas mengambil sumpah menggingat hal ini penting karena pekerjaan di lapangan berhubungan dengan pelayanan kepada masyarakat dimana hal ini merupakan tanggung jawab besar Kantor Pertanahan Kota Ambon. Sambutan Kepala Kantor Pertanahan Kota Ambon Adolf Aponno, A.Ptnh., S.H dalam acara Pengambilan Sumpah Panitia Ajudikasi, Satgas Fisik, Satgas Yuridis dan Satgas Administrasi PTSL Kantor Pertanahan Kota Ambon tahun 2020 bertempat di ruang kerja Kepala Kantor Pertanahan Kota Ambon. Rabu (15/01).

Sebanyak 46 orang dilantik oleh Kepala Kantor Pertanahan Kota Ambon dengan 4 tim Satgas Fisik, 3 tim Satgas Yuridis masing-masing dikomandai oleh ketua yang diberikan tanggungjawab dalam kelompok, dengan harapan dari pengalaman-pengalaman kerja kemarin dievaluasi bersama panitia mengenai keterlambatan kerja karena merupakan Program Strategis Nasional yang mana di pantau langsung oleh Presiden dan Kantor Staf Presiden RI serta Kementerian ATR/BPN, tutur Adolf Aponno.

Beliau juga menyampaikan target Presiden Jokowi di tahun 2025 seluruh tanah di Indonesia sudah terukur dan terpetakan sehingga akan ada kerja ekstra, bahu membahu “bekerja dari malam sampai pagi” dalam melaksanakan tugas yang besar tersebut.

Aponno juga berpesan ditahun ini 14 desa yang masuk dalam lokasi PTSL dimugkinkan setengah darinya masuk dalam desa yang betul-betul lengkap dengan artian semua bidang tanah yang dalam kategori Kw4, Kw5 dan Kw6 menjadi K4 bagi satgas fisik dan bagi satgas yuridis dokumen (surat-surat) sangat penting agar tidak terjadi masalah (Kantor Pertanahan Kota Ambon turut tergugat dan dalam pembuktian dapat dibatalkan) sertipikat dikemudian hari.