RAPAT KOORDINASI REKOMENDASI PENETAPAN LOKASI PENGADAAN TANAH IAKN AMBON

Rabu pada tanggal 04/12/2019 Kepala Kantor Pertanahan Kota Ambon M. Togatorop, SH., MH menghadiri undangan rapat koordinasi menyangkut Rekomendasi Penetapan Lokasi Pengadaan Tanah Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon. Bertempat di Ruang Rapat Asisten Pemerintahan, Lt. 3 Pemkot Ambon, Rapat yang dipimpin oleh Asisten 1 Pemkot Ambon berhalangan hadir sehingga M. Togatorop diminta untuk berkenan memimpin jalannya rapat tersebut.

M.Togatorop menyampaikan bahwa apabila penetapan lokasi telah disetujui maka Rekomendasi dari Walikota Ambon sangat diperlukan dalam kegiatan ini dan perlu adanya penilaian oleh  appraiser agar biaya yang dikeluarkan sesuai dengan standar penilaian yang berlaku.

Terhadap lokasi yang akan disetujui perlu melihat status tanahnya apakah masuk dalam kawasan yang sesuai dengan Rencana Detail Tata Ruang Kota Ambon sehingga dalam prosesnya dapat diselesaikan dengan cepat. Tutur M. Togatorop.

Dijelaskan, Apabila Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum luasan dibawah 5 Hektar sesuai UU No 2/2012 dan Perpres No 148/2015 dapat dilakukan langsung jual beli dengan Harga Penilaian Apparaiser  dan jika lokasinya merupakan  tanah pertanian maka perlu dikeluarkan SK Perubahan Penggunaan tanah menjadi  tanah pekarangan dari Kepala Kantor Pertanahan Kota Ambon.

Rektor IAKN Ambon Dr. A. Ch. Kakiay, M.Si menyampaikan bahwa terhadap penetapan lokasi yang rencananya akan dibangun pengembangan Kampus ini, pihaknya telah melihat dua tempat yang lokasinya berada di Desa Tawiri dan Desa Nania dengan luas Sertipikat masing-masing di Desa Tawiri seluas 17.140 m2 dan Desa Nania seluas 39.440 m2 semuanya memiliki Sertipikat Hak Milik.

Rapat dilanjutkan dengan peninjauan kedua lokasi berlangsung jam 14.00 WIT. Kepala Kantor Pertanahan Kota Ambon didampingi oleh Kepala Seksi Penataan Pertanahan Kantah Kota Ambon, Rektor IAKN Ambon bersama staf dan pihak Dinas PUPR, Dinas Pemukiman dan Perumahan, BAPPEDA serta Bagian Hukum Pemerintah Kota Ambon.