RAPAT KOORDINASI RENCANA PENGALIHAN BENTENG NIEW VICTORIA KOTA AMBON

Kepala Kantor Pertanahan Kota Ambon Adolf Aponno, A.Ptnh., S.H didampingi Kepala Seksi Infrastruktur Pertanahan Kota Ambon Joseph Labery, S.SiT hari ini tanggal (10/01) menghadiri undangan Rapat Koordinasi Rencana Pengalihan Benteng Niew Victoria Kota Ambon yang difasilitasi Sekretaris Kota Ambon A.G. Latuheru, S.H., M.Si di ruang rapat Sekretaris Kota Ambon.

Dalam rapat hari ini Sekot Ambon menyampaikan, Pemerintah Kota Ambon dan KODAM XVI Patimura sementara berupaya melakukan pengalihan fungsi Benteng Niew Viktoria, yang saat ini menjadi area Markas KODAM XVI Pattimura, menjadi cagar budaya nasional seperti yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Adolf Aponno dalam presentasinya memaparkan lokasi rencana pembangunan pada Negeri Laha dan Tawiri, yang mana kemudian dalam kesepakan bersama memili lokasi pada Negeri Tawiri dengan luasan 50.000 m2.

Kepala Bidang Pengadaan Tanah Kanwil BPN Provinsi Maluku Ferdinand Soukotta, A.Ptnh. S.H dalam rapat juga menyampaikan sesuai amat Undang-undang nomor 2 tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum yang mana Pasal 15 menyampaikan tahapan-tahapan Pengadaan Tanah antaranya :
1.Rencana Pembangunan
2.Kesesuaian dengan RTRW
3.Letak tanah
4.Luas tanah yang dibutuhkan
5.Gambaran umum status tanah
6.Perkiraan waktu pelaksanaan
7.Perkiraan jangka waktu pembangunan
8.Perkiraan nilai tanah
9.Rencana penganggaran
Mantan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Maluku Tengah ini juga menyampaikan kendala dalam proses pengadaan tanah “biasanya ada pada pendataan subjek hak, yang mana terlihat pada proses ganti rugi sering dikomplen ahli-ahli waris”

Diakhir pertemuan mendapatkan kesepakatan dengan konsentrasi pada pembebasan lahan pengadaan tanah tahun 2020 dan tahun 2022 dilakukan proses pembangunan kemudian pada tanggal 20 atau 21 Januari 2020 akan dilakukan telekonfrens KODAM XVI Patimura, Kantor Pertanahan Kota Ambon, Pemkot Ambon dengan Panglima TNI, serta akan dilaksanakan peninjauan lokasi pada tanggal 11 Januari 2020 pukul 09.00 WIT.

Diketahui yang hadir dalam rapat Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler, Sekretaris Kota Ambon A.G Latuheru bersama staf, Tim Pokja Pengalihan Benteng Niew Victoria KODAM XVI Patimura Ambon, Kepala Bidang Pengadaan Tanah Kanwil BPN Promal bersama Staf, Kepala Kantor Pertanahan Kota Ambon Adolf Aponno bersama staf.