SOSIALISASI OBJEK DAN SUBJEK SERTIPIKAT HGB MASYARAKAT KELURAHAN LATERI

Kepala Kantor Pertanahan Kota Ambon M. Togatorop memberikan sosialisasi mengenai status Hak Guna Bangunan (HGB) pada Perumahan BTN di Kelurahan Lateri, Kec. Baguala Sosialisasi ini berlangsung di gedung Balai Kerohanian  Jemaat GPM Sion Lateri, Sore jam 18.00 Wit Kamis 31 Oktober 2019.

M.Togatorop menyampaikan, berdasarkan Pasal 29 Ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor : 40 Tahun 1996 jangka waktu pemberian Hak Guna Bangunan paling lama 30 tahun dan HGB pada Kelurahan Lateri pada umumnya akan berakhir pada bulan Desember 2019. Untuk itu Beliau mengajak masyarakat pemegang sertipikat HGB yang akan berakhir jangka waktunya untuk segera mengajukan permohonan perubahan  ke Hak Milik.

Dijelaskan, HGB dapat lahir dari pemberian/permohonan hak (HGB-HAT PRIMER) dan Perjanjian pembebanan HGB di atas tanah Hak Milik kepunyaan orang lain (HGB-HAT SKUNDER). Terhadap luas Tanah HGB tidak ada pembatasan, tetapi disesuaikan dengan kebutuhan hanya ada ketentuan bahwa apabila satu keluarga telah mempunyai  5 (lima) sertipikat tanah maka untuk setiap perubahannya harus mendapat izin dari BPN.

Diakhir acara M. Togatorop menyampaikan harapannya agar untuk masyarakat pemilik HGB yang akan berakhir jangka waktunya segara mendaftarkan perubahan  ke Hak Milik di loket pelayanan khusus Inovasi TABEA for Pelagandong dengan waktu pelayanan hanya dua (2) jam selesai dan biaya sesuai PNBP Rp. 50.000.-